Cara Install Ulang Android

cara install ulang android

Panduan Cara Install Ulang Android, Mudah Dan Cepat!

 

Tak perlu merasa risau jikalau perangkat android mendadak error. Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai upaya perbaikan, salah satunya dengan cara install ulang android. Sama halnya dengan komputer, perangkat android juga memungkinkan untuk di install ulang guna memperbaiki error yang terjadi.

Android yang di install ulang akan kembali seperti sedia kala, layaknya benda baru yang baru saja di dapat dari pabrikan. Pertanyaannya, bagaimana cara install ulang android yang benar dan juga tepat? Setidaknya ada dua cara untuk install ulang android, apa saja? Simak ulasan berikut, ya!

Mudah! Ini Cara Install Ulang Android

Ada beberapa cara install ulang android, bisa dengan cara reset atau mengembalikan pengaturan android ke sistem pabrik, dan bisa dengan cara flashing. Apa bedanya, dan bagaimana tahapannya? Simak panduan berikut, yuk!

1.      Install Ulang dengan Reset ke Pengaturan Pabrik

Tahukah Anda bahwa cara me-reset HP sangat mirip dengan cara install ulang? Ya, pasalnya kedua tindakan ini akan sama-sama menghapus segala data yang tersimpan di HP, dan juga mengembalikan pengaturan HP seperti semula layaknya HP yang baru saja di beli.

Me-reset HP akan adalah tindakan untuk mengembalikan pengaturan seperti semula layaknya HP yang baru dibeli, bukankah yang demikian juga tujuan dari install ulang android? Inilah mengapa dikatakan keduanya memiliki kemiripian hampir 100%.

Cara install ulang android dengan cara reset direkomendasikan untuk Anda yang ingin membersihkan data-data tidak penting dan juga mengembalikan ponsel seperti semula, namun tidak suka dengan cara yang ribet dan membingungkan.

Bagaimana caranya? Sangat-sangat mudah. Langkah pertama, silahkan buka pengaturan atau setelan HP Anda, setelahnya pilih menu cadangkan dan setel ulang. Terakhir, pilih menu kembalikan ke setelan pabrik. Proses ini akan membutuhkan waktu sekitar 10-20 menit, tunggu sampai prosesnya selesai dan sebelum itu pastikan daya betrai terisi minimal 50%, ya!

2.      Install Ulang dengan Flashing

Cara lain yang bisa dilakukan untuk install ulang android adalah dengan cara flashing. Apa yang dimaksud dengan flashing? Jadi, flashing adalah tindakan yang dilakukan untuk mengganti sistem lama ke sistem yang baru. Tindakan ini bisa dikatakan sebagai upaya terakhir dalam mengatasi kerusakan sistem di perangkat android.

Apapun persoalan error selagi bukan kerusakan fisik, akan ampuh dengan flashing, karena memang tindakan ini akan benar-benar mengganti sistem lama ke sistem baru yang kondisi lebih baik. Bagaimana cara melakukan flashing android? Tindakan ini sedikit mirip dengan cara custom ROM. Tindakan yang dilakukan akan berbeda-beda, sesuai dengan merek dan juga tipe HP yang Anda punya.

 

Untuk melakukan flashing android, Anda memerlukan file sistem operasi yang baru. Dimana file ini bisa didapat? Coba kunjungi situs-situs terpercaya dengan cara memasukkan keyword pencarian “cara flashing android (masukkan type HP)”, biasanya ada banyak developer yang menyediakan file sistem operasi yang bisa diunduh dan digunakan dengan syarat tertentu.

Mana yang paling ampuh untuk mengatasi error di android dari dua cara di atas? Tergantung. Lihat dulu, seberapa parah permasalahan yang Anda alami. Coba lakukan install ulang android dengan cara reset HP terlebih dahulu, bila tidak menunjukkan perubahan, Anda bisa mencoba tindakan selanjutnya, yakni melakukan flashing.

Itulah dua cara install ulang android, sangat mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba!


cara install ulang android