Cara Update Versi Android

Cara update versi android

Begini Cara Update Versi Android yang di Jamin Aman!

Cara Update Versi Android
Cara Update Versi Android

Sudah tidak asing dengan android bukan? Android adalah sistem operasi yang paling populer digunakan selain iOS. Secara berkala, android konsisten untuk meluncurkan versi terbarunya, saat ini sudah dirilis android 11 yang menjadi sistem paling canggih, kali ini android 11 tidak lagi dirilis dengan menggunakan nama dessert, lho! Sayangnya, tidak semua vendor smartphone berkomitmen untuk memberikan upgrade android ke versi terbarunya. Inilah alasan mengapa banyak yang mencari cara update versi android secara mandiri.

Demi menjamin kenyamanan bagi pengguna, seharusnya vendor smartphone turut berkomitmen menyediakan update terbaru dari versi android. Jadi, ketika upgrade ini muncul, akan seketika digulirkan ke pengguna secara bertahap. Sayangnya hal ini belum bisa direalisasikan dengan mudah.

Sebagai gantinya, pengguna android bisa melakukan updae secara mandiri, ada beberapa cara update versi android yang aman, yakni dengan OTA (Over The Air), atau bisa juga dengan cara offline. Bagaimana caranya? Berikut kami sajikan ulasannnya untuk Anda!

Panduan Cara Update Versi Android dengan OTA dan Offline

Dua metode update versi android ini sudah sangat familiar bagi segelintir orang, terlebih mereka yang gemar meng-oprek android. Ulasan singkat berikut akan memberikan Anda gambaran, terkait bagaimana update versi android dilakukan, jika tertarik, Anda bisa mencobanya.

1. Cara Update Versi Android dengan OTA

Update versi android dengan OTA adalah cara yang paling mudah, ada banyak produser ponsel yang turut menggunakan metode ini. Cara update versi android dengan OTA, memiliki tiga syarat yang harus dipenuhi, yakni:

- Koneksi internet yang memadai,

- Ruang kosong di memori internal, setidaknya lebih dari 2GB, dan

- Daya baterai yang cukup. Minimal 50% agar proses upgrade bisa berjalan lancar.

Masing-masing smartphone memiliki urutan yang berbeda untuk melakukan upgrade OTA, dari satu versi ke versi lainnya, bisa saja didapatkan perbedaan. Sebagai gambaran, berikut kami sajikan panduan update android dengan OTA yang paling umum:

- Langkah pertama, silahkan buka menu setting atau setelan di ponsel yang Anda miliki.

- Cari menu about phone.

- Periksa, apakah ada update system yang tersedia atau tidak.

- Apabila tersedia, download sampai selesai.

- Ketika proses download sudah selesai, akan muncul tombol pilihan sebagai konfirmasi, pilih restart.

- Ponsel akan restart dan melakukan update, tunggu sampai proses ini selsai.

- Setelahnya, ponsel akan menyala dan bisa digunakan seperti biasa, tentunya sudah dengan versi android yang terbaru.

Sederhana bukan?

2. Cara Update Versi Android Secara Offline

Selain dengan OTA, update android bisa dilakukan dengan cara offline. Metode ini adalah solusi bagi pengguna android yang ingin melakukan update namun tidak memiliki koneksi internet yang cukup. Cara update versi android secara offline tidak akan jauh berbeda untuk berbagai jenis smartphone, berikut tahapannya:

- Silahkan unduh file firmware / file OS yang sesuai dengan jenis dan type smartphone Anda. Unduh file ini dari situs web resmi produsen smartphone.

- Setelah unduhan selesai, pindahkan file nya ke penyimpanan internal ponsel.

- Selanjutnya, buka menu setting, pilih about phone.

- Berikutnya pilih opsi update from file, atau choose update package.

- Pilih file firmware yang sudah di unduh sebelumnya.

- Selanjutnya, konfirmasi untuk restart.

- Proses update versi android secara offline sedang berlangsung, tunggu sampai selesai.

Mengapa pengguna perlu tahu bagaimana cara update versi android? Update tidak hanya bertujuan untuk memperbarui tampilan perangkat android, tapi juga untuk meningkatkan kinerja dan sistem keamanannya. Jadi, tidak perlu risau untuk melakukan update versi android, terjamin aman bila dilakukan dengan benar. Selamat mencoba!