Cara Menghapus URL Pada Google Search Console atau Google Webmaster Tools

Meremove halaman atau Link yang Mati atau Tidak Digunakan Lagi - Alamat blog yang menampilkan halaman error 404 ini berkaitan dengan blog kita dan ketika di akses dapat menampilkan halaman yang relevan. jika link yang berkaitan dengan sebuah postingan di blog kita sudah tidak aktif, maka akan terekam oleh google Search Console atau Google Webmaster Tools.

Google webmaster tools akan merekam setiap link yang ada di blog kita, jika link tersebut mati maka akan di catat sebagai error 404 atau error coverage not found (404). mengapa bisa di deteksi error 404 not found? karena link tersebut sudah tidak menampilakn halaman yang semestinya, ini dikarenakan postingan tersebut yang mungkin sudah kalian hapus.  namun tidak semua link yang terdeteksi 404 not found ini mengindikasikan bahwa link itu mati, ada beberapa kasus memang link kita bisa terdeteksi 404.

Ketika kalian menghapus sebuah postingan di blog, tentu saja url dari postingan tersebut masih tersisa atau terekam jejaknya di pencarian google. link tersebut masih terindex oleh google dan kita wajib menghapusnya dari index google supaya blog kita terlihat baik di mata google. 
Ada keuntungan Tersendiri sebenarnya jika link ini tidak di hapus, blog kita akan mendapatkan backlink dari link mati ini, kalian hanya perlu mengalihkannya saja atau membuat halaman 404 kemudian sediakan pencarian di halaman 404 tersebut. 
Namun kita tetap wajib menghapusnya demi reputasi blog kita di mata google. agar blog kita tidak mengalami de index nantinya. buat kalian yang ingin menghapus sebuah link karena terdeteksi 404 ini, kalian harus memastikan terlebih dahulu kalau link tersebut memang link yng dulu berkaitan dengan sebuah postingan yang kalian hapus supaya tidak salah menghapus sebuah link.

Langsung saja kita mulai bagaimana cara menghapus link nya:

  1. Buka Webmaster Tools kalian dan akses Crawl>Crawl Error> Not Found
    Cara Menghapus URL Pada Google Search Console atau Google Webmaster Tools
  2. Selanjutnya kalian copy link yang mati tersebut dan akses Google Index>RemoveUrl

  3. Selanjutnya google akan melakukan penghapusan dan ini memerlukan waktu setidaknya 1x24 jam. jadi pantau terus google search console kalian dan perhatikan error yang muncul kemudian perbaiki. saat ini saya sedang melakukan perbaikan di beberapa halaman yang memang sedang mengalami error.
    Jika berhasil maka akan terhapus dan kalian juga bisa mengcancel nya dengan cara mengklik Reinclude tapi setelah 7 hari maka kalian tidak dapat melakukan cancel lagi
  4. Jika sudah kalian submit, kalian menuju Crawl>Crawl Error> Not Found dan ceklist url yang sudah kalian hapus tadi dan tandai sebagai Marks As Fixed
  5. Sampai tahap ini selesai
Jadi kurang lebih begitu cara menghapus url yang sudah tidak aktif namun masih di crawls atau di index oleh google webmaster tools. mungkin sebagian dari kalian juga ada yang sepet matanya jika melihat google webmaster tool mendeteksi begitu banyak nya url kita yng mati dan sehingga membuat kita perlu untuk merapikan sekaligus membersihkannya supaya bisa lebih tenang saat memonitor google web master toolnya.

Sekian informasi kali ini, semoga apa yang saya maksud di tulisan kali ini dapat tersampaikan untuk yang membaca nya. Ditunggu kritikan dan saran kalian serta tidak lupa saya ucapkan banyak terima kasih sudah mampir untuk membaca tulisan jelek dari saya ini.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.anakinforman.com. Terima kasih.

Silahkan Berlangganan Untuk Mendapatkan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Menghapus URL Pada Google Search Console atau Google Webmaster Tools"

  1. cara mendapatkan pengunjung ya rajin aja gan nulis dan usahakan submit terus ke webmaster.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel