Wajib Tahu Bagi Pemula!! Cara Install Custom Rom Di Handphone Kita

Cara Memasang Custom Rom Android - Custom rom adalah sebuah rom khusus yang dibuat untuk beberapa device android. tidak semua hp tersedia custom romnya. saya masih ingat dulu ketika masih menggunakan samsung Ace 1 atau samsung tipe s5830 dengan android version 2.3 atau android gingerbread dulu, dimana waktu itu saya melakukan pemasangan custom rom cyanogen mod untuk pertama kalinya.
Wajib Tahu Bagi Pemula!! Cara Install Custom Rom Di Handphone Kita

ada banyak pengalaman yang saya dapatkan dari percobaan awal itu seperti bootloop, hp matot dan lain-lainnya. dulu masang custom rom karena ingin mencoba suasana baru di android version yang lebih baru juga. saya sempat menginstall lolipop yang terakhir kalinya di device samsung ace 1 saya waktu itu. gara-gara pengalaman ini saya jadi tahu cara flashing hp samsung dengan odin dulu dan masih banyak hal lainnya.

hp samsungnya masih legend sampai saat ini masih saya simpan di lemari. kondisi nya cukup mengenaskan juga karena hp nya yang sering jatuh juga. 

setelah berpindah-pindah hp dari samsung ke nokia dan balik lagi ke samsung grandprime hingga akhirnya betah di xiaomi saat ini. kenapa saya memilih xiaomi? selain harga yang murah dengan spek yang memadai, ada alasan lain yaitu karena banyak forum di xda untuk customize rom nya.

banyak sekali cusrom atau custom rom yang tersedia di xda yang bisa kita coba untuk perangkat xiaomi khususnya. inilah mengapa saya memilih xiaomi, banyak custom rom yang tersedia yang bisa kita coba. jadi kita bisa mendapatkan suasana baru dan pengalaman baru ketika mencoba menginstall sebuah custom rom.

terlebih lagi rom xiaomi yang banyak iklan, serta minimnya fitur yang bisa kita jumpai di rom official yang kita gunakan. saat ini saya menggunakan device redmi 3s dan redmi note 5 pro. tapi yang saya sering gonta ganti rom hanya si redmi 3s saja. si redmi note 5 nya ane pakai buat daily saja.

Setelah curhat diatas, saya akan membagikan sedikit pengalaman bagaimana cara menginstall custom rom di xiaomi kita atau di hp kalian. berikut ini beberapa syarat dan tips yang harus kalian patuhi:
  1. Pastikan Hp kalian sudah di UBL (kalau device selain xiaomi saya kurang paham, coba baca-baca di forum xda). UBL atau Unlock Bootloader ini sangat penting, namun ada resiko yang mungkin bisa kalian pertimbangkan. UBL ini dapat membuat keamanan si hp jadi lebih rentan dan juga jika terkena micloud si hp akan mudah di baypass. nah kalau saya sih UBL karena ingin pasang twrp  dan buat install custom rom
  2. Sudah Terpasang TWRP (wajib pasang twrp, kalau dulu twrp cuma ada satu aja yang ane tahu, kalau sekarang twrp ada yang support treble dan non treble. pastikan kalian cari tahu dulu apa itu twrp treble dan non treble, hitung-hitung buat nambah pengetahuan kalian di xda banyak penjelasannya). silahkan cari di xda twrp yang sesuai dengan device kalian. saya sendiri menggunakan orangeFox versi 8.0. ini twrp yang sudah di mod. kalian bisa memilih mau pasang yang official atau yang mod.
  3. Kalian tahu code name hp kalian atau Type Hp Kalian (Misalnya kayak redmi 3s itu codenamenya "Land", redmi note 5 pro itu "Whyred", kalau redmi note 4x itu ada dua versi yang mediatek dan snapdragon, kalau yang snapdragon itu codenamenya "Mido",) tujuannya biar kalian gk salah download rom guys. jadi nanti kalian bisa liat rom build nya pake codename sesuai hp kita.
Sebuah custom rom umumnya base nya aosp besutan mbah google. namun ada juga rom portingan. rom portingan adalah sebuah custom rom yang dibuat dari rom brand lain yang di modifikasi sedemikan rupa sehingga menjadi bisa di install di hp yang sama brand namun berbeda type atau bisa juga berbeda merk. misalnya kayak rom asus rog yang di porting kemudian di install di redmi note 5 pro.

Ada juga rom miui yang dari redmi note 7 dengan android 9.0 yang di porting untuk device land atau mido. dan masih banyak lagi, kalian harus belajar mengenal ini. karena setiap custom rom itu berbeda-beda cara installnya.

kali ini saya contohkan dengan menginstall android version 9.0 dengan custom rom havoc os. langsung saja teman-teman ikuti tutorial berikut ini:

  1. Saya menggunakan device redmi 3s dan sudah terpasang twrp orangeFox R8.0
  2. Silahkan download rom havoc os atau AEX Extendednya, kalian bisa memilih kedua rom tersebut untuk pembelajaran.
  3. Setelah selesai terdownload, silahkan juga download opengapps nya. cara download opengapps ini kalian juga harus tahu. download sesuai arm yang digunakan oleh hp kalian, kemudian pilih android versi nya. saya contohkan seperti di bawah ini:
    Pada gambar ini karena saya menggunakan redmi 3s, maka type arm yang digunakan adalah arm64, kemudian karena custom rom yang saya download adalah havoc dengan android versi 9.0 maka saya memilih opengapps nya yang khusus android pie yaitu 9.0. kemudian variannya saya pilih nano supaya aplikasi bloatware googlenya sedikit yang terinstall.
  4. setelah mendownloadnya semua bahannya, kita akan install custom romnya. masuk ke TWRP kalian. cara masuk ke twrp kalau di xiaomi, matikan hp dulu baru dengan kombinasi tombol volume up + volume down + power tekan secara bersamaan sampai muncul logo xiaomi, kemudian lepaskan. atau kalian bisa juga dengan cara advanced power menu jika ada kemudian pilih rocovery
  5. Selanjutnya adalah setelah kalian ada di halaman utama TWRp, selanjutnya Pilih Wipe. namun saya sarankan untuk membackupnya terlebih dahulu melalui twrp kalian, nanti pilih backup. backup ini tujuannya untuk jaga-jaga kalau ada kemungkinan terjadi bootloop.
  6. Kemudian Pilih Advanced Wipe dan ceklis 5 pilihan yaitu dalvik/ART Cache, System, Data,Vendor dan Cache. setelah itu pilih swipe to wipe dengan menggeser tombol togglenya kekanan.
  7. selanjutnya kalian kembali kehalaman utama TWRP nya dan Pilih Install, kemudian cari file custom rom havoc tadi yang sudah kalian download. setelah itu kalian swipe kekanan untuk install file zip custom rom nya.
  8. setelah selesai install zip romnya, kemudian kalian install juga opengapps nya dengan cara yang sama pada langkah ke 7 diatas.
  9. Setelah selesai terinstall, kemudian kalian klik reboot dan tunggu sampai selesai.
Resiko dari menginstall custom rom banyak sekali, pengalaman saya sih pernah bootloop, stuck di logo juga pernah, tiba-tiba blank hitam juga pernah. saya sarankan ketika mencoba untuk pertama kali menginstall sebuah custom rom kalian minta di bimbing terlebih dahulu oleh teman kalian yang sudah berpengalaman.

atau kalian bisa menonton dulu di youtube untuk tutorial cara menginstallnya. mungkin tulisan saya ini masih kurang banyak informasinya yang perlu saya tambahkan. karena memang berbeda custom rom berbeda pula step install nya.

ada yang harus install lazyflasher atau disable dm-verity ada juga yang tidak perlu. cara yang saya berikan diatas sudah saya praktekan sendiri dengan device redmi 3s saya.

satu lagi clean flash dan dirty flash, mungkin kalian akan sering dengar istilah ini. dirty flash itu kalian hanya perlu wipe dalvik / ART Cache dan Cache. biasnaya dirty flash ini digunakan untuk menginstall update dari sebuah rom. misalnya havoc os yang saya gunakan versi 2.2 dan developer mengeluarkan update terbaru 2.3, maka saya hanya perlu menginstallnya dengan dirty flash tanpa install opengapps.

Kalau clean flash itu wipe yang 5 pilihan seperti pada langkah ke 6 diatas. tujuan nya pasti menginstall rom baru. namun tergantung rekomendasi dari developer romnya. kayak havoc ini sering di rekomendasikan untuk install secara clean flash. 

kalau kalian ingin backup aplikasi nya yang sebelumnya di rom satunya maka cukup lakukan backup melalui migrate saja.

Ingat ya beda hp beda cara installnya, beda orang beda juga tingkat keberhasilannya!! lakukan berdasarkan tanggung jawab masing-masing dan pastikan untuk membaca dengan sumber yang lebih memadai dan lebih spesifik lagi.

Silahkan Berlangganan Untuk Mendapatkan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wajib Tahu Bagi Pemula!! Cara Install Custom Rom Di Handphone Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel